Kura-kura Langka Kini Jadi Incaran

2020-10-26 07:58:54

KURA-kura merupakan salah satu hewan yang cukup unik. Kura-kura memiliki ke­unikan dengan memiliki tem­purung. Tempurung tersebut dapat disebut juga sebagai rumahnya. Selain itu, hewan yang satu ini juga memiliki gerak yang cukup lambat.

Di dunia terdapat cukup ba­nyak jenis kura-kura. He­wan reptil ini juga dijadikan sebagai hewan pia­raan. Tetapi ada juga kura-kura yang karena kelangkaannya, se­hing­ga tidak boleh di per­jualbe­li­kan.

Biasanya orang meme­lihara ku­ra-kura sebab hewan ini memiliki tempurung yang unik, sehingga men­jadi in­caran banyak orang un­tuk dipelihara.

Salah satu jenis kura-kura yang terancam punah dan diselundupkan adalah jenis Ploughshare dan Indian Star. Sebanyak 330 kura-kura jenis ini disita Malaysia.

 

Kura-kura itu diter­bang­kan ma­suk ke negara ini dari Madagaskar pada 14 Mei dan didaftarkan dalam manifes penerbangan sebagai batu.

"Kura-kura tersebut ber­nilai 1,2 juta ringgit Malaysia (dua miliar rupiah lebih).

 

Kura-kura Ploughshare adalah khas Madagaskar dan terdaftar se­ba­gai hewan sangat terancam pu­nah di Persatuan Internasional Pe­les­­tarian Alam (IUCN). Daftar me­rah hewan terancam punah akibat per­buruan liar.

Malaysia telah dinyatakan oleh para pelestari satwa liar sebagai titik transit untuk perdagangan ge­lap spesies yang terancam punah ke negara Asia lainnya. Berikut enam jenis kura-kura yang teran­cam pu­nah dan dilin­dungi:

Kura-Kura Alligator Snapping

Kura-Kura Aligator Sna­ping merupakan kura-kura dari Amerika dan sangat ja­rang muncul ke darat. Mes­kipun kura-kura aliggator me­rupakan reptil, dia hanya ke darat jika ingin bertelur, selebihnya dia lebih senang berada di bawah air.

Sebab kura-kura alligator meru­pakan kura-kura yang lebih suka be­rada di bawah air dan biasa ber­ada di air tawar yang dalam.

Banyak yang menyukai kura-kura alligator karena memiliki ben­tuk seperti hewan purba. Hewan ini hanya memiliki panjang tubuh hingga 73 sentimeter, namun me­miliki berat yang dapat mencapai 80 kilogram.

https://youtu.be/QinJ-UBJ7xw
Tag:
#jasakirimhewanbandung

Share It

"