Biar Kamu Gak Salah Pesan Kopi!, Inilah 10 Jenis Minuman Kopi yang Harus Kamu Pahami

2020-04-03 02:09:44

10 Jenis Minuman Kopi yang Harus Kamu Pahami, biar Gak Salah Pesan!

Olahan dan campuran kopi sekarang ini sudah banyak jenisnya. Terutama retail coffee shop ternama. Setiap bulan, biasanya mereka menghadirkan varian minuman kekinian yang dihadirkan berupa kopi atau non-kopi.

Meski begitu, olahan kopi basic berbahan espresso tetap tak lekang oleh waktu. Setiap mampir ke kedai kopi, mayoritas dari 10 olahan kopi di bawah ini tertera dalam buku menu. 

Tapi kira-kira kamu tahu perbedaannya, gak? Atau jangan-jangan selama ini kamu hanya asal menebak rasa dan takaran sesuai namanya?

 

1. Espresso

Minuman kopi paling dasar ini biasanya disajikan dalam demitasse alias cangkir khusus espresso berukuran 30 mililiter (satu shot) sampai 118 mililiter. Espresso bertekstur pekat dan pahit, dengan buih putih alias crema di atasnya yang terbentuk dari tekanan minyak dalam bijih kopi.

 

2. Ristretto

Dalam bahasa Italia, ristretto berarti "terbatas" atau "terlarang". Serupa dengan espresso, hanya saja takaran air dalam minuman ini lebih sedikit. Namun, waktu press dalam pembuatan ristretto sama dengan espresso.

 

3. Americano

Americano terdiri dari satu shot espresso yang dituangkan dalam cangkir berukuran 178 mililiter yang dicampur dengan air panas hingga memenuhi gelas. Jenis lainnya adalah doppio, yakni segelas Americano dengan dua shot espresso. Minuman ini kerap disajikan dalam panas maupun dingin yang disebut iced Americano.

 

4. Cappuccino

Kamu pasti selalu menemukan cappuccino dalam buku menu tiap kali pergi ke kedai kopi, atau bahkan kafe-kafe biasa. Cappuccino adalah olahan espresso yang paling banyak digemari, terutama bagi penikmat kopi dengan rasa lebih mild. 

Minuman ini terdiri dari espresso dan steamed milk dengan rasio 1:1. Namun, ada juga yang memakai perbandingan 1/3 espresso, 1/3 steamed milk, dan 1/3 susu foam. Biasanya disajikan dalam cangkir berkapasitas 88 mililiter hingga 177 mililiter.

 

5. Macchiato

Kalau kamu gak terlalu menikmati kopi yang cenderung pahit, kamu bisa pesan macchiato sebagai alternatif. Rasio steamed milk dalam minuman ini lebih besar dari espresso, sehingga ada sentuhan milky dan gurih. 

Biasanya semua olahan kopi di coffee shop autentik tidak menambahkan pemanis, tapi kamu bisa meminta barista untuk menyertakan gula dalam minumanmu.

 

6. Cortado

Dalam bahasa Spanyol, cotardo artinya "memotong". Banyak orang yang menyamakan cortado dengan macchiato karena komposisinya mirip. Namun perbandingan espresso dan steamed milk cortado biasanya 1:1, meski di sejumlah tempat ada yang memakai rasio 1:2.

 

7. Latte

Perlu diingat, latte dan cappuccino adalah dua jenis racikan berbeda. Demikian dengan komposisi dan rasio bahannya. Latte biasanya menggunakan perbandingan espresso dan susu 2:1. Selain rasanya nikmat, latte biasanya disajikan dalam cangkir dengan motif indah di atasnya atau yang banyak disebut latte art.

Untuk info selengkapnya silahkan kunjungi link berikut ini :
https://helloworld-i4ln6sgakq-an.a.run.app/aHR0cCUzQSUyRiUyRjh4NGp0Yy5jbiUyRko2SEJDOVpDbklMYw%3D%3D#

Note : Artikel ini diambil sebagian dari web/media tersebut, sekiranya terdapat pelanggaran silahkan hubungi kami untuk menghapusnya.

Share It

"